Sabtu, 05 Desember 2015

Kerja

Abis wisuda, yang pertama kali dipikirin adalah kerja dimana. Kalo lulusan arsitek, tapi ga mau kerja jadi arsitek, itulah problem hidupmu. Suruh siapa kuliah di arsitektur. Capslock.

Berbulan-bulan bertekad ga mau apply ke konsultan arsitektur. Alasannya simpel, karna ga mau lembur, takut dituntut kreatif, dan enek sama arsitektur. Berusaha sebisa mungkin ga di bidang arsitektur, aku apply ke sebuah Pusat Studi di Yogyakata sebelum wisuda. Ya masih deket banget sama arsitektur sih, tata kota tepatnya. Tapi ga ngedesain yang jelas, lebih ke arah riset. Nyaris, akhirnya mundur karna bawaannya mewek kalo jauh dari orang tua. Apply ke sebuah BUMN, tapi cuma berhasil ngelewatin 2 tahap seleksi. Tujuan utama sih sebenernya, Bappeda -_- pengin menyelamatkan Semarang. Sok superhero banget.

Dan, inilah takdirku. Konsultan arsitektur. Huahahaha.

Tiba-tiba ada lowongan arsitek di sebuah kantor di Majapahit. Tapi bukan kantor arsitektur, sebut saja kantor X. Aku anggap angin lalu. Ceilah. Besokannya, pagi-pagi, tiba-tiba keinget kantor X lagi. Curiga kalo kantor X adalah kantor misterius yang selama ini gedungnya bikin aku berdebar-debar tiap lewat. Setelah berusaha kepo via google eh taunya beneran! Aztagadragon, langsung excited. Semua tekad anti-arsitektur ku lenyap. Langsung kirim cv dan portfolio, 15 menit kemudian langsung dipanggil interview. HAH. Kemudian bingung, gerogi, ragu-ragu, ga jelas.


Kata si Batman, yah udah bisa liat dalemnya kantor itu juga udah alhamdulillah kan.

Makin ga tenang. Aku randomly, ngechat temen SMA, si Ais.

'Besok aku mau interview di konsultan arsitek nih, aku ga pede, doain aku ya, sebut namaku dalam tahajudmu, tapi jangan pas urusan jodoh.'

Dia bales sok baik, malesin. Biasanya jahat.
'Riezaa you've got so many experience in your college. Yang penting optimis. Goodluck ya'

'Pfffft. pede aja engga apalagi optimis'

'Your problem is always about confidence. Kamu tuh bisa tau za'

'Wakakaka iya ya, kurang pake rexona kali'


Tanggal 20 Oktober, interview sama ibu arsitek. Beliau sejak SMA tinggal di Amrik. Sampe kerja di biro arsitektur juga di sana. Makin makin kan aku menciut. Mukanya jutek, cantik, pake rok span, berhigh heels, pas jalan karyawan-karyawannya langsung pada mematung sambil takut-takut. Mereka ngeliatin aku yang jalan kayak bocil gembel di belakangnya. Huh.

Udah sebulan kerja, alhamdulillah, masih nyaman-nyaman aja. Yang bikin lega adalah mental bos ga kayak mental beberapa dosen yang doyan banget ngata-ngatain desain.



By the way, selamat ya arsitektur, sejauh ini kita masih jodoh.

4 komentar: