Minggu, 13 Juli 2014

Nyaris Kemalingan

Sore menjelang maghrib ada yang mau nganter oleh-oleh tapi baru bisa nyampe rumah jam 19.30. Jam segitu pas jam-jam tarawih berlangsung. Karna ngerasa ga enak, udah dibawain oleh-oleh tapi ga bisa nemuin, akhirnya aku memutuskan buat stay di rumah dulu. Mama, papa, adek, jam 19.00 tet langsung berangkat sholat tarawih. Biasanya kalo ga ada halangan kami sholat tarawih berempat, jalan kaki 200 m ke masjid.

Kalo sendirian di rumah, udah kebiasaan pintu pager aku gembok. Bukan parno, tapi waspada. Suara TV entah kenapa kali ini mengganggu banget. Padahal lagi motoGP. Yah! Harusnya seru. Tapi aku lebih milih buat matiin itu TV biar bisa lebih konsen dengerin suara dari luar rumah. Mau sholat, tapi kok nungguin oleh-oleh dateng. Huehehe parah ya. Jadilah aku duduk di sofa depan TV sambil baca 1Q84 jilid 3 nya Murakami.

Baca novel pun cuma bisa konsen bentar. Sekitar 15 menit berjalan, tiba-tiba ada suara motor berhenti. Wah oleh-oleh dateng. Tapi, tunggu. Ga ada suara salam. Aku belum beranjak. Tiba-tiba lagi ada suara ketukan pintu luar kamar adek. Shock! Jangan-jangan aku lupa gembok pager! Engga, aku yakin udah gembokin pager! Aku tunggu beberapa detik. Ada suara ketukan pintu utama yang jauh lebih kenceng dan kasar. What???!! Ga lama kemudian ada suara geserin kursi panjang teras samping, yang posisinya persis di depan jendela kamar utama. Ga salah lagi.

Galau banget menghadapi situasi kayak gini, harus keluar atau tetep di dalem aja biar aman. Sambil gemeteran, aku lari ke kamar, ganti baju, ngiket rambut, pake jilbab. Dodol. Sempet-sempetnya ngiketin rambut segala. Aku intip dikit lewat jendela, ada helm di meja kecil teras. Keliatan ada satu orang lagi di luar, posisi pake helm di atas sepeda motor.

Bismillahirrahmanirrahim. Aku buka kunci pintu dengan suara sok mantap. Buka pintu dengan tangan kanan tetep pegangin handle pintu, cuma nongolin kepala. Biar aman. Sesosok cowo umur 30an, tinggi, gede, rambut ikal, kulit coklat lagi sibuk congkel jendela. Astaghfirullah.

Sambil aku nahan napas, sok galak, sok berani,
'Mau cari siapa ya mas?'

Si maling A sok innocent, sok ga gugup ketauan maling,
'Pak Nasikin ada mbak?'

'Oh maaf salah rumah'

'Ooh salah rumah ya'
Kemudian si maling A sok santai ambil helm yang posisinya di deketku.

Aku pelototin
'Pagernya kan saya gembok! Kok bisa masuk?!'
Itu pertanyaan tolol.

'Oh digembok ya, saya ga tau'
SAMBIL LOMPAT PAGER!

Aku mikir 1000 kali buat teriak. Takutnya kalo tetangga denger trus ngehajar si maling yang belum sempet maling, si maling jadi dendam sama aku. Akhirnya, begitu si maling A udah lompat pager, aku teriak, sekali.
'MALIIIIING'

Si maling A terkutuk banget. Melototin aku sambil ngancem
'SSSTT! Tak pateni kowe!'

Na'udzubillahimindzalik.

Kedua maling kabur naik motor. Aku gemeteran, shock berat, nangis dikit. Bersyukur banget Allah selalu melindungi aku sekeluarga. Walaupun masih ga habis pikir ternyata 'maling' itu ada beneran. Di bulan puasa apalagi. Ga habis pikir.

Jam 20.30 mama, papa, adek baru pulang tarawih. Biasanya jam 20.00 udah sampe rumah. Mama bingung begitu ngeliat kursi teras berantakan.

'Lho, kok kursinya miring mbak? Kamu ngapain pake geser-geserin kursi segala?'

'Bukan aku lah. Ceritanya di dalem aja'

'Lho kok kayaknya serem'

Kami berempat duduk di ruang keluarga.
'Emang serem. Tadi ada yang bla bla bla bla'

Pada lemes semua.
'Astaghfirullah'

Mama lagi mau bijak.
'Ya kamu harus maklum. Problem orang itu beda-beda. Mungkin dia ekonominya mendesak. Mau lebaran, mbak'

'Iya juga ya ma. Tapi mbok ya liat, itu bapak-bapak jual kue putu malem-malem, tuh yang jualannya tape doang tiap hari, ga ada yang beli, masih bertahan di jalan Allah'
Aku terlihat lebih bijak ya :p

'Ya namanya hidup, itu pilihan. Ada yang pilih jadi orang baik, ada yang pilih jadi orang jahat. Kalo baik semua ntar surganya penuh'

Pas sampe di cerita aku keluar pintu nemuin si maling, mama shock.
'Kok kamu bisa-bisanya keluar?? Harusnya di dalem aja, pura-pura telfon polisi. Bahaya mbak!'

'Iya ma, aku juga mikir gitu. Namanya juga lagi ngeblank.'

Mama sibuk ngomel-ngomel, papa dengan manisnya tiba-tiba peluk aku.

'Udah gapapa, yang penting kamu selamat, ga diapa-apain'

4 komentar:

  1. astagfirullah za. alhamdulillah kamu nggak ppa :*

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. aku bayangin ekspresimu kalo ketemu maling, marah2, melotot2 gt. lucu banget pasti.

      Hapus