Rabu, 18 Juni 2014

Surprise dari Negeri Kanguru

Berawal di bulan Maret minggu ke 3, hari kedua aku masuk kuliah, hari Jumat, makul Seminar. Aku telat masuk, langsung duduk di tribun paling atas, alias paling belakang. Udah ada Bu Hermin dan Pak Dhanoe lagi ngasih pengarahan soal makul Seminar, sekaligus pembagian dosen pembimbing. Depanku si Ulfi sama Adis udah berisik aja.

'Za, dosbingmu pak 'the dark lord' lho'
'HAH? Naudzubillah. Tipu lah'
'Seriiiiuuusss'

Aku sok kalem, diem.

Mereka berisik lagi
'Za, Prof Totok minta nomermu lho'
'HAH?? Nomer apa? Ini lebih tipu'
'Beneran, dibilangin ga percaya'

Sampe akhirnya namaku dipanggil, dan dosbingku ternyata Pak Septana yang baik hati sama Pak Sahid, pak bos yang baik kalo ada Pak Septana. Alhamdulillah, semoga Seminar lancar.

'Rese kan kalian. Tega banget tipu-tipu terus'
'Hahaaahaaa. Tapi yang Prof Totok beneran lho za'

Hal yang masih memungkinkan, kaya dosbing seminar 'the dark lord' aja aku nyaris ga percaya, apalagi yang ga memungkinkan macem Prof. Totok minta nomerku -_____-

Tapi sampe keluar kelas mereka masih ribut soal Prof Totok. Katanya bener-bener beneran. Jadi staff pengajaran ada yang nanya nomerku ke Ulfi dan Adis. Katanya dicari Prof Totok. Aku bener-bener masih ragu. Jadi cuek aja. Takut juga kan.

Minggu besoknya, ada pengumuman beasiswa acara student design workshop di Darwin, Australia.  Hula langsung pada cie-cie-in aku. Padahal kan belum tentu gara-gara itu Prof Totok minta nomerku. Aku masih cuek dan sama sekali ga percaya. Minggu besoknya lagi, ada pengumuman di kaca pengajaran soal peserta yang daftar acara Aussie itu. Tiba-tiba ada namaku di daftar paling atas, dan dicetak miring. Masya Allah, apaan ini?? Ternyata itu pengumuman peserta yang lolos dari jurusan. Jadi dipilih 2 mahasiswa dari tiap universitas, buat selanjutnya ngirim berkas kayak portfolio, CV, motivation letter dan segala macem ke konsulat di Darwin. Dan ternyata yang dipilih buat kirim berkas aku sama mas Lishin 2010. Nah, yang berangkat cuma 1 anak. Berdasarkan kabar yang tersiar dari Hula, katanya Pak Bharoto yang ngerekomendasiin aku ke Prof Totok. Aaaaaaaaaaa.

Hari Jumat ke kampus ditungguin Inta. Berniat mau nyelesaiin berkas yang harus ditandatangani Kajur, dan dosen waliku, yang kebetulan adalah Pak Bharoto. Pak Bharoto baru aja turun dari mobil abis jumatan bareng pak dosen lainnya. Langsung aku samperin. Dan ekspresi beliau, bisa ditebak. Ya begitu itu. Kayak kesel-kesel gimanaaa gitu. Emang selalu begitu sih ya kayaknya.

'Maaf  Pak Bharoto, saya mau minta tanda tangan transkrip buat worksss....'
'Alah kamu ini. Gitu pake bilang ga mau ikut segala. PAYAH'

Aku ga sanggup nahan shock, langsung balik badan dan lari ke Inta, panik. Jangan-jangan pas aku sok-sokan menyangkal pengumuman di depan pengajaran, Pak Bharoto denger. Pak Echa sampe ketawa ngeliat ekspresi pak Bharoto yang setengah kesel dan aku yang heboh -_-

Kami ke ruang Lab Sejarah, ruangan Pak Bharoto. Beliau masih aja nyindir-nyindir.

'Gitu bilang ga mau ga mau'
'Bukannya ga mau pak, tapi takut'
'Alaaaah, takut apa'
'Takut malu-maluin Undip pak'
'Ya makanya kamu berusaha biar ga malu-maluin Undip! Orang temen-temenmu yang lain itu keliatannya dari luar aja hebat, padahal ga sehebat yang saya kira, ga bisa diandalkan.'

JLEB. Fix, ini beban.


***

17 April sore, ada sms ini.

Sore Rieza, ini Yohana. Saya mau memberitahukan bahwa kamu sudah terpilih utk mengikuti program beasiswa utk student design workshop di Darwin. Nanti formal invitation letter nya akan saya kirim. Saya juga mau menganjurkan bahwa sebaiknya paspor dibuat sedini mungkin sehingga bisa mengurus visa dengan segera. Bisa saya minta alamat email kamu dan juga no. Rekening sehingga nanti kita bisa transfer uang beasiswanya. Terimakasih, Yohana


formal invitation letter

Alhamdulillah. Ngerasa ga pantes dapet keberuntungan kayak gini. Allah emang suka terlalu baik. Udah deg-degan panas dingin mau ceritain ke mama papa. Dan reaksi mereka?

'Ah palingan itu temenmu iseng sms biar kamu seneng. Ada kan temenmu yang namanya Yohana?'
'Ya ada sih ma tapi aku ga kenal' *sok cool padahal nyesek

Kemudian antiklimaks.

10 komentar:

  1. Selamat ya za :*
    parah ni cuma cerita ke ulfi g bilang2 ke aku :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya cm ulfi yg ribet nanya2 mulu mbak, maaf ya, doakan aku.

      Hapus
  2. kamu kok bikin imageku jelek to ham, seolah2 aku sering menipumu -_-
    apa kata masyarakat nanti???

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah kenyataan dis :p
      yg penting kan km cantik, masyarakat ga bakal berkata apa2

      Hapus
  3. aku mau kasih sesuatu ke km za. insyaAllah. tunggu aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya fi, udah aku buka 'bekal' nya. makasih yaaa

      Hapus
  4. kalo gita gutawa lagi ke inggris. kembarannya mau ke bekas jajahan inggris dulu. ntar baru nyusul ke inggrisnya ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin ya Allah. aku mau ke inggris sm jodohku tapi :p km juga ya ka

      Hapus
  5. rieza kecee :D hahaha
    semoga lancar ya za :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih banyak riska doanya :')

      Hapus