Senin, 03 Maret 2014

Java Jazz Festival 2014

Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah mengijinkan kami menginjak lantai hall Java Jazz Festival 2014. Ya harusnya ga pake kami sih, karna mungkin lebih tepatnya 'saya' doang yang seneng girang ga ketulungan. Keajaiban apa lagi ini. Ya keajaiban pun butuh proses yang panjang, bahkan sampe 10 tahun :) coba cek beberapa tulisan konyolku dan beberapa komentar ajaib tentang event ini di sini dan sini

Akhirnya Allah jawab semua hasrat bercampur pasrahku buat bisa nonton langsung JJF di ke-10 tahunnya. Alhamdulillah. Karna tanpa disengaja dan tanpa disadari, mulai pertengahan Januari sampe pertengahan Maret aku magang di proyek Landmark Pluit, PT.PP Jakarta. Yap, Jakarta dan Maret yang bikin aku akhirnya kesampaian juga buat ke JJF :D

DAY 1
Berangkat dari Laguna sekitar jam 4 sore, sampe JIExpo Kemayoran jam 5 sore. Masih sepi. Serius. Makan roti tawar kismis dulu di samping antrian buat ngeganjel perut. Begitu banyak orang bawa kursi lipet, terutama bule-bule. Pake sepatu kets, tanpa heels, ada juga yang sandal jepit. Ga sedikit juga yang seniat itu buat dokumentasiin mereka sendiri di JJF, mulai dari antre, masuk main entrance, beli merchandise, sampe pas nonton live music. Seneng liatnya. Abis antre dan cek tiket segala macem, di pintu  masuk udah banyak reporter dan kamera-kamera stasiun tv siap merekam wajah-wajah antusias kami -_-

Tempat pertama yang kami tuju adalah, merchandise haha baru deh musholla. Abis maghrib, hall pertama yang jadi inceran adalah hall A2 BNI, yap RAN. Begitu masuk udah rame aja. Walaupun udah 2 kali nonton RAN live perform di Semarang, tetep ga bisa tahan joget sok asik. Tau-tau muncul Fathur dan nyanyiin lagu favorit mama. Langsung spontan sms mama berhubung idola beliau. Selesai satu lagu, ada intro yang kayaknya ga asing banget. Kahitna! Muncullah seseorang yang spontan bikin semua teriak, aku panik, dan bener aja Mario Kahitna muncul! Ngakak! Dia mantan idolaku wakaka trus sms mama lagi.

Kami cari makan malem dulu, tapi karena belum memahami medan dan denah eventnya kurang informatif, cuma nemu sebuah stand makanan dengan menu terbatas dan harganya pun wow. Aku pesen hotdog dengan harga 50rb kurang dikit. Taunya ada foodcourt dengan banyaaaaak banget pilihan, harganya pun lebih wajar. Sempet berhenti di outdoor stage, ada Ivan Handojo.

Abis kenyang, kami lanjut cari-cari First Media stage buat nonton performnya Bubugiri. Asik, nonton lumayan lama. Trus antri panjaaaaaaang banget buat nonton Allen Stone di D1 Simpati Hall. Ah hallnya bagus, tapi resmi banget, berkursi. Ga betah, keluar cari-cari yang lain. Tiba-tiba ada antrian panjaaaaaaaaaaaaaaang banget-banget, buat nonton special show Jamie Cullum. Kami langsung gabung. Menurut jadwal, si Jamie bakal tampil jam 23.00 tapi ternyata molor 2 jam. Eh yang keluar malah founder JJF, Peter F. Gontha dilanjut Gita Wiryawan. Oh God, event seasik ini apa iya harus dinodai dengan politik juga?? Praktis dapet sorakan dari penonton padahal baru sedetik muncul di stage beliau langsung mundur ke backstage.




Perform Jamie Cullum lumayan lama, hampir 3 jam. Hari ini ada banyak perform yang kelewat saking kalapnya. Dan ga sadar aku pulang ke Laguna jam 2 pagi.

DAY 2
Sabtu ini berangkat agak telat karna mampir ke Pluit Village dulu buat makan siang. Trus jalan-jalan aja sih. Jadi ga heran kalo sampe JIExpo udah macet cet. Akhirnya turun di sebelum jalan masuknya, harus jalan kaki bentar kalo mau terbebas dari macet. Pas itu ada tante-tante buka jendela, nanya ke pak polisi
'pak, saya harus lewat mana yang ga macet?'
'Ibu turun aja di sini, trus jalan bentar'
'Aduh, saya pake high heels ini pak, cape!'

-____- ini mau nonton konser musik kali, bukan catwalk. Siapa suruh pake high heels.

Hari ini jadwal pertama yang mau aku tonton adalah Tulus. Dan buset banget, dia ditempatin di hall B2 Garuda Indonesia yang jauh lebih kecil dari yang dipake RAN. Alhasil penonton desek-desekan ga bisa masuk. Aku otomatis ikut kegencet. Begitu berhasil masuk, langsung denger Tulus lagi duet sama Raisa.

'Oh, belum Tulus kok ini yang nyanyi. Masih Raisa'
'Hah? Itu kan Tulus'
'Bukan lah. Masa Tulus gendut?'
-_____-

Yang bikin ga bisa tenang hari ini adalah ada Adhitia Sofyan tapi belum yang di stage beneran, baru di booth gitu. Di stage beneran baru besok. Jam 9 aku tongkrongin tuh Citilink booth sampe ga mau makan. Trus tiba-tiba mataku menangkap sesosok Adhitia berkeliaran bebas di antara kerumunan orang. Panik.

'Itu Adhitia Sofyan'
'Mana?'
'Ituuuu yg pake baju coklat, pake kaca mata'
'Bukan lah, ngarang, masa Adhitia Sofyan berkeliaran bebas'

Ya ini kan JJF gitu loh.

'Foto sana foto'
'Ga mau ah, takut salah orang'
'Ya nanya aja dulu, mas Adhitia Sofyan ya?'
-_____-

Setelah percakapan itu, Adhitia menghilang. Sambil nunggu kami iseng ke A2 BNI hall , ternyata ada Snarky Puppy. Cuma nonton bentar, karna ada yang lain yang dinanti, Incognito!!! Langsung menuju D2 CLEAR hall. Seru.

Kami balik lagi ke Citilink booth. Ternyata sesosok baju coklat tadi lagi dimintain foto bareng sama ABG-ABG. Beneran kaaaan. Langsung deh aku beraniin buat minta foto.

'Maaf mas Adhit, boleh minta foto bareng sekali aja?'
'Oh iya, boleh'
Dan fotonya ga mau aku upload, malu.

Yang bikin kesel adalah setting yang ga bersahabat sama musik dia yang mellow galau gitu. Maklum lah di booth jadi soundnya ga bisa terakomodasi dengan baik. Mana ada perform di stage sebelah yang berisik banget. Kesel. Tapi Adhitia Sofyan nya aja sabar, masa yang nonton ga bisa sabar.

Kami pulang agak awal hari ini, sekitar jam 23.30. Di luaran gerbang JIExpo banyak banget yang jual merchandise JJF lebih lucu-lucu dan murah. Ya maklum, bukan official.

DAY 3
ga kuat nulisnya -____-






2 komentar:

  1. akhirnya kesampean nonton JJF... turut bersuka cita.... tapi nggak sama abul... turut berduka cita

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHAHA kamu ngomen aja lucunya unik

      Hapus