Kamis, 02 Agustus 2012

Sahabat Jaman SD

Sahabat yang paling ngena buat aku dari kecil sampe kuliah ini, si Ailsa. Ailsa Rahma Diar. Aku deket sama dia sejak hari pertama masuk kelas 5 SD. Dia suruh aku duduk di sebelahnya. Yaudah aku sih mau mau aja. Jaman SD dulu aku masih cool banget rasanya, ga pernah ngerti soib soib an apa deh. Bisa bertemen sama siapa aja dan ga peduli itu cewe ato cowo. Toh begitu masuk kelas aku langsung diem dan lipet tangan (ini serius ga boong). Heran aja sama si Ailsa, aku kan lagi sakit cacar, mau-mau nya dia duduk sebelahan sama aku. Nah, sejak aku kenal deket sama dia, aku jadi sadar soal soib-soib an itu apa. Ailsa anaknya asik, tomboy, sukanya tereak-tereak ga jelas, tinggi kurus, pake kacamata, jidat jenong haha. Eh ada satu lagi, sensitip banget anaknya.

Kami suka cerita-cerita ga jelas dan ketawa ngakak kalo lagi pelajaran. Sampe-sampe sering ditegor guru. Kami juga hobi nulisin lirik lagu di buku khusus. Favorit kami dulu Sheila on 7, apalagi yang Sahabat Sejati. Aku inget banget, dulu dia sering nge-rap plus nyanyiin lagunya Linkin Park di kelas. Sampe ini kuping pusing dengerin dia. Mau ga mau aku jadi sedikit hafal lagu-lagunya LP. Haha dasar Ailsa gila, gaul abis deh anak kelas 5 SD doyannya Linkin Park.

Dulu pas kelas 5 kami sama-sama gabung di ekskul band, ceritanya jadi vokalis gitu (wakakakak). Ekskul band setiap hari Sabtu sepulang sekolah. Pulang ngeband biasanya aku dia ajakin main dulu ke rumahnya. Nah itu pertama kalinya aku naik angkot. Angkot jurusan Tlogosari. Sampe rumah dia biasanya makan, trus main game di komputer dia. Dia doang sih yang main, aku cuma asik nonton karna sekalinya ikutan main pasti kalah. Iyalah buset, game balap mobil mameeen. Ih aku paling suka kalo minta Ailsa ganti-gantiin musim di sirkuitnya. pilih-pilih mobil juga. Main game sambil dengerin Linkin Park. Astaga abis.

Nah yang paling ga bisa dilupain, dulu kami suka bawa buku harian ke sekolah trus diisi bareng-bareng deh. Buku harian ku dulu warnanya putih motif strawberry kecil warna merah timbul. Itu buku harianku yang kedua. Kalo si Ailsa warnanya pink ada ungu dikit gambar cewe.

Ga tau darimana awal mulanya, kami suka saling panggil pake panggilan 'non'. Apa ya artinya? Nonong mungkin. Harusnya cuma dia yg dipanggil non alias nonik karna kecilnya dia kaya cina.

Yang paling lucu, dulu kami juga punya jimat. Biar ga terkesan serem, okelah anggep aja barang kesayangan. Si Ailsa barang kesayangannya boneka singa kecil ukuran dua kepal tangan warna cokelat. Namanya, Leonardo De Caprio. Hehe emang dia anaknya rada-rada. Kalo barang kesayanganku karang laut warna putih. Sebut saja Karang Ajaib. Eh iyaaa, dia juga pelihara hewan yang ga lazim, seekor luwak sodara sodaraa!

Sejak duduk sebelahan sama dia, pudarlah reputasiku sebagai anak paling rajin dan pendiem di kelas. Wakakak. Aku berubah jadi cerewet, suka berisik, main kesana kesini. Sahabatan kami ga cuma berdua aja, tapi berempat. Ada si Deppi dan si Yudha. Deppi Kusuma Aji dan Yudha Kresna Primayoka. Deppi ini temenku dari SD, SMP, sampe SMA satu sekolah terus. Dulu pas SD kaya udah langganan, aku rangking 1, nah si Deppi selalu jadi rangking 2 nya huahuaha dulu lho ya tapiiii, duluuuuu. Sekarang dia di Teknik Elektro UGM. Kalo si Yudha juga pinter, sekarang kalo ga salah di Surabaya. Eh dia anaknya polisi lhooo.

***

Masih ingeeeet banget, waktu itu pagi-pagi baru pelajaran pertama, pelajarannya Pak Yudhi, IPS. Si Ailsa mulai kumat deh sarapnya. Sehabis berdoa mau mulai pelajaran, bukannya keluarin buku malah ambil gunting sama tabung mini seukuran jempol.

"Apaan nih non?"

"Kita potong rambut dikit yuk"

"Hah buat apaan?"

"Ntar potongan rambut aku, kamu, deppi, yudha, kita jadiin satu trus masukin ke dalem tabung ini"

"Biar?"

"Biar persahabatan kita abadi hueheh"

wakakak darimana gitu bisa bisanya. Tapi si Deppi dan si Yudha malah kaya excited banget haha. Padahal mereka kan cowo, harusnya bisa berpikir lebih logis. Jadilah kami diem-diem potong rambut di kelas sambil kasak kusuk cekakak cekikik.

***

Dilempar penghapus kayu. Ini pas pelajaran Bahasa Inggris, gurunya mrs. Fat galak banget. Waktu itu kami berempat lagi asik ngobrolin sesuatu, tanpa sadar udah diliatin mrs. Fat. Tapi beliau marahnya cuma sama si Yudha

"Eh mas, kamu, yang gendut, daritadi ngadep belakang terus, SAYA INI SEDANG MENERANGKAN"

tuuiiiiing, JEDOK DOK

Kami shock, tiba-tiba mrs. Fat ngelempar penghapus yang belakangnya kayu keras itu ke arah Yudha. Eh tapinya si Yudha udah keburu ngehindar. Eeeeeh yang kena malah si Ailsa. Kena jenongnya pula, sodara sodaraaa. Aku nahan ngakak sampe mau nangis rasanya, tapi kasian juga tau.

***

Yang paling manis. Waktu itu lagi ada lomba mapel taunan seluruh SD, aku ditunjuk buat ikut lomba Bahasa Indonesia (wkwk ga keren). Dari kelasku ada aku, Deppi, Billal, Wikan. Buset deh aku cewe sendiri. Karna menjelang lomba kami harus di karantina di lab, Ailsa sama Yudha jadi sering kami tinggalin. Tapi kami masih tetep deket. Terus suatu hari buku EYD sama Intisari ku ketinggalan di kelas. Pas aku buka di rumah, taunya ada tulisan di halaman paling belakang.



Semoga kamu menang di Lomba Bahasa Indonesia
di GOR Jatidiri tanggal 28 April 2004.
Aku mendoakanmu.

AILSA R.D

Aaa unyu utuk-utuk banget ga sih diaaaa ;)


***

Ini pas abis ngamen di acara  peresmian RS. Bhayangkara sebelah sekolah.
Eh ajaib banget, bajunya senada padahal ga janjian :D
***

Sampe di kelas 5 akhir, kami disuruh bentuk kelompok nari. Karna kemana-kemana kami selalu berduaan jadinya agak susah gabung ke kelompok lain. Tapi akhirnya dapet juga sih. Sejak itu aku agak jauhan sama Ailsa, yah mungkin karna masih SD jadi masih gampang terpengaruh. Pas kelas 6 kami malah tambah parah, jadi musuhan ga jelas. Si Ailsa juga berubah banget abis itu, jadi kelewat gaul.

Yang jelas aku masih pengin banget punya sahabat yang kaya dia. Ga cuma asik, tapi juga tulus.

*semoga ailsa baca*semoga ailsa baca*

Sampe detik terakhir aku post ini tulisan, baru ngeh kalo sekarang tanggal 2 Agustus, Ailsa ulang tahun. Ya Allah yah walopun ga mungkin Ailsa baca, tapi semoga kamu selalu jadi lebih baik dan selalu dapetin yang terbaik yaa. Makasiiiiih banyak buat temenan yang paling manis selama 1 tahun :')

7 komentar:

  1. astga zaaa aku juga ikutan lomba itu !!!!1 B.Indo juga! kita udah dipertemukan beberapa tahun sebelum kita saling kenal #alah

    BalasHapus
  2. wahahahaa gile lu ndro! se stadion jati diri jangan2 anak SMA 3 semua -_-

    BalasHapus
  3. Hai riez, makasih ya tulisannya. Aku baca lho hihihihi sampe terharu :')

    BalasHapus
  4. waaaaa shock! maap yaa ail, ga ijin dulu mau cerita2 tentang kamu hahaa. alhamdulillah ternyata kamunya baca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gakpapa :D kamu apa kabar? Skrg di arsitektur? Ciee kampusnya deketan lhoh

      Hapus
  5. iya, skg aku di arsitektur. lah? kamu dimana to? FISIP? apa hukum? apa sipil? waaa dimanaa

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus