Rabu, 08 Februari 2012

Tentang si IP dan si SP

28 Desember 2011

Awal awal nilai yang udah keluar Strukon sama ISBD dan aku dapet A, beruntung karna dosennya baik hati. Begitu nilai selanjutnya, kaya Trimatra, Matematika, GA, kenapa jd kebanjiran B begini? Ah udah deh mulai pasrah. Semester 1 ini ada 8 matakuliah. Ada 4 makul dapet nilai A dan 4 makul lain dapet B. Yaudah lumayan. Tapi aku belum sempet itungin IP.

Pagi-pagi buta ada 4 sms, dari si inta isinya tentang IP semua. Zet zet banget.

'ZA, IP KITA SAMA! IP KITA 3,55. Sumpah za parah bangeeet'

Oh, jadi IP 3,55 itu paraaah!! Yaa Allah, kenapa IP ku parah?! Sedih. Padahal sebelumnya aku pikir IP segitu udah lumayan lah. Tapi si inta bilang ini PARAH. Langsung kepikiran ambil SP, yang ada di otak sekarang cuma SP SP SP, dan SP.

Pas ke kampus FE mau nyeketsa dekanat FE, tugas SP Gambar Arsitektur. Aku ketemu sama temen-temen SMA anak akuntansi. Mereka lagi UAS. Hahaha kalian hari gini baru UAS?? KITA DONG, UDAH SP!! niatnya mau sombong, tapi sekarang sadar SP itu hal yang memalukan. Eh tapi kan nilai kita dari B, yah ga parah2 amat lah wkwk.


***

Buat kalian yang di bawah umur (baca: anak SMA sederajat) yg masih celingukan tentang bahasa di dunia perkuliahan (persis kaya aku 5 bulan yg lalu), SP itu Semester Pendek alias remidi tapi ga se simpel remidi.

SP aku ambil GA sama MAT. Waaa duitku abis cuma buat SP. Bayarnya 60rb per sks. Siaal, kirain per matakuliah 100rb. Masih mending sih drpd di ITB, masa SP 500rb per sks. Wakakak, Allah emang maha tau ya, tau siapa anak yang mampu baik otak atopun duit, dan siapa yang ga mampu. Makanya jgn suka iri sama anak ITB. Ya Allah pdhl kmrn2 aku berdoa jgn sampe SP. Ternyata harus dilakoni juga.

Tadinya sempet galau mau ambil SP apa. Pas nanya ke mas *ah*y anak 2010, katanya SP enak, santai. Dulu dia ikut SP strukkon, katanya malah bisa dapet ilmu tambahan.

"Tapi bisa naikin nilai kan ya mas?"

"Yah itu tergantung dosennya sih"

"Kalo dulu kamu gimana?"

"Dulu aku strukkon dapet C, udah SP eh nilainya teteeep ajaaa C lagi hahaha"

"Hah????"

langsung lemes deh ini badan T.T


SP Gambar Arsitektur alias GA.

Aku dapet B huwaaaa. Parahnya, di kelasku yg dapet nilai A cuma 5 anak, dari 80an anak. Gile lu ndro, miris bangeeet. Perasaan gambar mereka udh amazing gitu, tapi tetep aja dapet B. Kalo aku sih emang sketsanya amburadul subhanallah banget. Jadi ga heran kalo dapet B. Yang dapet A itu si Aulia (udh pasti lah, aku liat sketsanya aja migrain sesak napas), trus si Riska (riska gitu loh), si Robi, sama dua anak lagi siapa gitu lupa.

Ternyata kalo SP itu bareng sama kakak angkatan yg mau SPin nilai juga. Waa malu, beban mental. Tapi mikir lagi harusnya mereka dong ya yg lebih malu sama kita huehe. SP GA cuma ada 1 kali pertemuan, ya pas hari pertama itu. Pak Agung Budi kasih tugas sketsa alat musik, sketsa pos jaga Undip, sama sketsa dekanat FE. Abis itu disuruh absen 12 kali sekaligus. Wakakkak gimana ga enak tuh. Nah ada cerita aneh pas kami mau asistensi ke pak Agung Budi.

Kami cari beliau di ruang kerjanya, di gedung A depan perpus. Ternyata satu ruangan sama pak Satrio. Aku nanya

"Maaf pak, mejanya pak agung budi dimana ya?"

Sambil main komputer
"Disitu"

Tapi kami malah jadi ga yakin, trus si Ais nanya lagi
"Pak, pak Agung dwi nya dimana ya?"

"Di ruang kajur"

Hah? Aku mikir, pak agung budi kan bukan kajur, ngapaiain di ruang kajur segala. Masih belum sadar satu kesalahan. Kami turun ke ruang kajur. Mana ndro? Ga adaaaa -_-

Kami naik lagi. Baru sadar

"ZA, TADI AKU BILANGNYA PAK AGUNG DWI, BUKAN AGUNG BUDI"

Waaa aiiiss, pantesan. Jadi dosen arsi ada pak Agung Budi, dosen GA. Nah ada juga pak Agung Dwi, dosen Mektek plus kajur arsi. Lagian pak Satrio innocent banget jawabnya.

Kami ulang lagi nanya ke pak Satrio

"Pak tadi maksud saya pak Agung Budi, pak. Pak agung budi nya ada ga ya pak?"

Jawab datar
"Ada"

"Makasih pak"

Kami ke meja pak agung budi. Ngelongok dan ternyata ga ada. Balik lagi ke pak Satrio

"Pak kok ga ada orangnya ya?"

"Loh tadi kan kalian nanya pak agung ada apa engga, nah saya jawab ada. Kalian kan ga nanya orangnya ada dimana"

"Oh iya pak, maaf, orangnya ada dimana ya pak?"

"Ya saya ga tau kalo itu"

Waaaa, gondok? Iyalah, gondok gondok geli wakakak

Ternyata pak Agung Budi lagi baca buku di perpus. Oh my God!! Daritadi kek liatnya. Pas udah menghadap pak Agung, kami sodorin sketchbook kami, eh pak agung malah keluarin drawing pen. Kami shock, takut kalo gambar kami dicoretin pake drawing pen.


Kami rajin banget asistensiin hasil sketsa ke pak dosen. Nah, sampe di asistensi hari terakhir kami mau ga mau harus menuntut nilai A.

“gimana pak, udah A belum kira-kira kalo kaya gini?”

“hehe ya masih jauh”

“loh? Kurang apalagi dong pak?”

Suasana hening. Tiba-tiba pak Satrio nyaut tanpa ekspresi.

“KURANG BAGUS”

Wakakakak kesel sih, tapi pengin ngakak bawaannya.


***

Pengalaman SP mat nih, ternyata asik wkwk. Walopun pas SP aku kadang berangkat kadang engga.

Hari kemarin aku ga masuk. Ada tugas pdhl, besoknya aku belain ke mb ning ambil soal. Jadi pas hari  itu aku udh ngerjain.

Pagi2 aku nyocokin jawaban sm pny nanda di buk panjang depan gd A situ. Lagi asik asiknya nulis, tau2 di blkgku ada cowo yg nanya apa gt. Pasti si paulus ato pak komting, dwiko..

"hdruhdskfidbzzjsyt"


 Aku spontan balik badan dan setengah teriak

"Hah? Apaan?"

Cowo, pake kemeja abu panjang, rapih, pake kacamata. Aku bengong, mikir, ngamatin wajahnya. Maklum mataku agak rabun td abis liat angka. Si paulus bukan, ga mungkin pake kacamata, ga pantes. Si dwiko, bukan jg, dwiko kan gondrong.

Cowo itu ngulang pertanyaan td
"Kemarin ada tugas ya dek?"

Mampus. Aku baru sadar, ternyata itu kakak angkatan yg sm sekali ga aku kenal. Ah bego, mana pas noleh ke dia aku teriak "hah" nya ga banget pula. Sumpe deh, malu.

"Kemarin ada tugas apa dek, aku ga berangkat sih kemarin"

Dalem hati, sama aku jg ga brgkt kali maaaas. Tapi kan aku niat, belain ambil soal dulu.

"Oh. Ini mas dikasih tugas ini. Kalo mau aku masih punya lembar soalnya nih. Kerjain sekarang aja sih."

Si mas bacain soal, pasrah. Dia jongkok, ikutin aku yg lg jongkok sambil nulis. Terus aku baru kepikiran kalo disaat kepepet kaya gini sih mana sempet ngerjain sendiri. Mas itu mau nyontek zaaa, woi sadar, mas itu dlm keadaan darurat mau nyonteeek.
Langsung aja aku blg, daripada dia nyesek baca soal wakakak

"Tapi nyontek aja sih mas mending, ga keburu kayanya"

Mas itu sumringah, semangat.

"Yaudah deh dek, aku beli folio dulu di mbak ning (fotokopian di kampus) ya"

Dih, yaudah sih mas, terserah situ.

2 menit kemudian mas itu muncul lg, sambil nyengir.

"Nyontek ya dek hehe"

"Eh jgn pake punyaku mas, takut sesat. Pake punya ini aja(smbl geserin jawaban si nanda)"

Jadilah aku sm mas itu jongkok sambil nulis jawaban. Aku selesai duluan.

Terus ngobrol sm nanda & adis. Eh iya, kami ngeliat mas mas yang wkt itu prnh nguntit kami pas telat masuk kelas. Jd wkt itu dy dtg telat. Nah aku sm inta adis nisa nanda jg masuk telat gr2 ngerjain tugas dulu.mas td santai2 duduk di kursi bwh pohon situ. Begitu  kami udh mau masuk, mas itu nguntit di blkg kami. Woo dasar cari temen.

" Eh itu tuh masnya yang pernah nguntit kita. Pasti abis ini dia duduk disitu, trus masuk kelasnya nungguin kita"

Dan bener ternyata. Si mas itu cr temen lagi. Kami ketawa ketiwi

"Woo dasar gelagatnya, tau banget deeeh"

Entah kenapa mas yg td minta contekan noleh ke arah kami dan ke mas yg duduk itu, sambil senyam senyum.

5 menit kemudian mas itu selesai nyalin jawaban.

"Makasih banyak ya dek"

"Oke mas"

Terus dia jalan. Tebak ke arah mana? Tepat. Dia jalan ke arah mas yg duduk di bawah pohon itu. BUSET TERNYATA TEMENNYA. Gile lu ndro, aku malu bangeeeet rasanya. Inilah azab kalo suka ngomongin orang sembarangan. Tapi gapapa lah, santai.

6 komentar:

  1. Salah Mbak.... di JAFT ada 2 dosen yang bernama Agung. Namanya Agung K. sama Agung B. :)

    BalasHapus
  2. hah? agung K siapa pak? agung kajur bukan? hahaha

    BalasHapus
  3. Bukan... bbrp waktu yang lalu kan ada pameran sketsa judulnya pameran sketsa 'Becak dan Kempung'. Ya itulah nama-nama asli kedua beliau tersebut. haha. sudah tahu mana yang B dan mana yang K?

    Ohya, trus jangan heran kalo mhs JAFT pada kreatif-kreatif, karena memang di sana banyak IDE... udah tahu kan nama-namanya ?

    :)

    BalasHapus
  4. ooh iya deng saya lupa pak hehehe. tapi ga sopan kayanya kalo saya panggil pak agung kemplung :D

    pak, jangan ceritain ke pak agung budi sm pak nuci kalo saya ngomongin beliau2 disini ya.

    siap pak, berarti saya jg harus belajar lebih kreatif dr mereka ya

    BalasHapus
  5. Hehehe, tenang saja. Nggak akan saya ceritakan ke siapa-siapa.

    Bukan, maksud saya, mhs JAFT pada kreatif krn memang di sini banyak 'IDE'...
    ada Edi Hermanto, Eddy Prianto, ada Eddy Dharmawan, ada Edy Purwanto... haha

    BalasHapus
  6. hahaha lagi2 saya ga mudeng -___-
    itu sih EDI pak, bukan IDE. tp mungkin dibalik nama EDI selalu ada IDE.
    pak septana posting lagi dong, saya tunggu

    BalasHapus