Sabtu, 28 Januari 2012

Pengalaman Pertama Bikin Maket

Ini tulisan di notes hape tanggal 24 November 2011 yang baru sempet aku post sekarang.

Matakuliah TRIMATRA 1 ada tugas lanjutan dari observasi objek kemarin, bikin konsep dan model 3 dimensi alias maket. Kelompokku dapet objek surau. Trus ntar kita bikin surau suka suka, terserah, kreatifitas individu. Padahal minggu-minggu ini kami lagi sibuk-sibuknya ngerjain tugas besar strukon. Ngeliat gariiiiis mulu, mau tidur aja mimpiin kolom balok kuda-kuda, umpak, gording, dan temen temennya. Udah migrain deh ini kepala. Tapi asik sih, tiap malem pacaran terus sama meja gambar wkwk.

Kami baru sempet bikin maket ya h-1 itu, beberapa jam sebelum deadline maket. Ada yg ngerjain bareng di kosan lah, ngerjain di rumah temen sampe jam 1 pagi lah, malah banyak yang ga tidur seharian. Aku bikin sendiri di rumah, jam 9 malem baru mulai. Itu pun tergoda buat online dulu, yah sekalian buat cari inspirasi gt ceritanya, wakakak alibi. Aku dibuat galau sama facebook, tepatnya satu orang rese di facebook. Bodo amat lah. Trus aku pasang status. "wakakakak numpang ngakak" Mba rista komen "maketmu udah za?" "belum lah mba, baru aja mau dipikir, makanya aku ngakak" Nah abis itu aku serius bikin maket.

Tadi siang aku udah beli kertas ivory gede sama lem UHU di Annida, tokonya para mahasiswa arsitektur wkwk. Mulai deh aku meng-autis-kan diri, bayangin gedung, berkhayal, sampe ketemu suatu bentuk atap surau yang serem. Aku sket, aku ukurin, aku potongin ivory pake cutter. Nempelinnya aja pake 3 jenis lem yang berbeda, ada lem UHU buat nempel ivory, lem povinal buat nempel kertas biasa, lem gabus buat lem gabus. Sambil bikin maket sambil dengerin akustikan dan semua lagu di hape biar pikiran bening. Jam setengah 12 aku baru selesai bikin pola, belum diguntingin. Trus mama masuk kamar, agak heran mungkin.

'daritadi kamu ngapaaiiin?'

'daritadi mikir maaam'

Dari jam 9 malem sampe sekitar jam 1 pagi aku msh berkutat dengan ivory cutter penggaris besi lem UHU dan lidi. Pas lagi serius nempelin atap surau, tiba-tiba betisku kerasa dingin. Begitu berubah posisi, waaaa kakiku kena leeeem UHUUUU. Ternyata daritadi betisku nindihin lem kuning sialan itu. Jadilah sekujur betis kanan kena lem. Aneh tau rasanya. Yaudahlah cuek aja, yang penting maket jadi dulu.

Aku liat jam di meja belajar, udah jam 1 pagi ternyata. Ah bete. Aku ubah aja tuh jarum jam, aku puter mundur 3 jam. Sip laaah, sekarang masih jam 10 malem. Okeeh, semangaaat, waktunya msh panjang wkwk. Berasa ada di mesin waktu nih, ehehe. Emang bener, makin malem aku makin autis. Jam 2 pagi maket udah lumayan lah, udah bisa dibilang berbentuk. Trus aku keinget si lem Uhu yg nempel di betis. Aku bersihin dikit dikit, ah pokoknya wasting time bgt! Taunya udah jam setengah 3 pagi. Ga tau kenapa aku jd batuk-batuk sendiri. Eh mama kebangun, masuk kamarku.

'belum jadi mbak maketnya? mama bisa bantuin apaaa? kamu lho, pake batuk-batuk segala, mama jadi ga tega'

Hmm abis itu aku langsung tidur. Padahal mata rasanya belum ngantuk sama sekali lho. Bangun pagi jam 5 wakakak. Sampe kampus seru banget liatin hasil karya temen-temen, ada yang keren, fantastis, amazing, tapi ada juga yang aneh dan bahkan belum buat sama sekali. Gile lu ndro nekat amat. Maket dikomentarin satu-satu perkelompok. Sambil nunggu giliran dikomentarin Pak Malik, kelas tumben-tumbennya jadi super ribut. Malah si Modi bisa-bisanya tidur di tribun belakang yang paling atas. Wakakak. Pas jam ISBD buanyaaaaak banget yang tidur di kelas. Ternyata kebanyakan dari mereka ga tidur sama sekali sampe pagi, termasuk si Riska tuh. Ckck salut.

Eh iya, ada cerita gila nih. Kemarin kan yang anak kos pada bikin maket bareng-bareng tuh di Tembalang, trus ada tragedi. Si Oci maketnya udah jadi, tinggal finishing lah, eeeeh karna kalo bareng-bareng pasti becandaan, pas si Oci ketawa ngakak, kenain maket sendiri deh dia. Apeees, maketnya jadi ancur lebur.

Yang lebih tragis, semua maket di kelompokku SALAH menurut si pak dosen. Entah bahannya monoton karna pake ivory lah, konsepnya ga jelas lah, bentuk bangunan ga ada filosofinya lah. Haaa jadi intinya disuruh ngerubah total. Tapi asik kok hehe.

4 komentar:

  1. hehe, tugas strukon nya kebanyakan ya?
    ok, tahun depan dikurangi tugas gambarnya, banyakin tugas jalan-jalannya aja kayak tugas kecil.

    mau ngulang lagi juga boleh kok... :)

    BalasHapus
  2. Ini pak septana beneran ya? waduh pak, maaf kalo saya ga sopan bikin postingan nya nyinggung tugas dr bapak. Tapi strukkon asik kok pak. Terimakasih buat nilai A nya hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak papa Mbak.. sante saja :)
      bagus blog-nya

      Hapus
    2. hehe terimakasih pak X)
      IMAJI lebih keren, boleh saya link ke blog saya ya pak?

      Hapus