Sabtu, 05 November 2011

Menjelang LKMM

LKMM APAAN SIH JA?!

Hampir semua temen yang anak Ekonomi pasti nanya LKMM apaan. Dasar cupu, ga gahol (padahal sirik akunya) mentang mentang deh mereka sama sekali ga ada acara semacem ospek gini. Jadi ya, LKMM itu singkatan dari Latihan Keterampilan dan Manajemen Mahasiswa. Tapi jangan harap kita bakal diajarin bikin prakarya! Ini acara kaderisasi yang udah kita temui di SMA, yah semacem LDK atau LKS OSIS gitu. Dan LKMM menurutku lebih pas kalo dipanjangin jadi LATIHAN KETAHANAN MENTAL MAHASISWA.

Nah, ini kelompok LKMM, nama kelompoknya pake nama-nama arsitek dunia.

Zaha Hadid - Pink Stabilo
Kenzo Tange – Merah Darah
Tadao Ando – Biru Lazuadi
Burcgoff – Kuning
Warner Sobek – Hijau
Christopher When – Nila
Norman Foster – Coklat
Philip Jhonson – Jingga
Charles Moore – Emas
Le Corbusier – Hijau Tosca
Oscar Niemeyer – Silver
Ricardo Boffil - Krem <-- font="" kelompokku="">
Antoni Gaudi – Hitam
Deur – Biru Dongker

Renzo Piano – Pink Soft

Ini catetan di notes hape pas hari Minggu tanggal 9 Oktober, bulan lalu.

Sejak kemarin Kamis (6/10) hari-hariku jadi ga tenang, ga semangat, sedih, parah lah pokoknya. Semuanya gara-gara LKMM PRA DASAR. Gara-gara aku harus sekelompok sama kakak sepupu sendiri, iya, dia yang jadi Guardian Angel ku. Guardian angel apaan? Tanda petik sih iya.

Tadinya aku sumringah banget begitu tau kalo aku masuk di kelompok RICARDO BOFFIL warna krem dan guardian angelnya mas Arif, kakak sepupu aku sendiri. Tadinya aku mikir mas arif nepotisme, sengaja milih aku masuk ke kelompoknya biar bisa melindungi akyu gitu. EEEEH TAUNYAAAA

Abis diumumin pembagian kelompoknya, para GA alias Guardian Angel diperkenalin satu-satu. Aku udah cengar-cengir kegirangan tuh ngeliat mas Arif. Temen-temen HULA ku aja sampe iri katanya. Ah pokoknya aku sumringah banget lah bisa dimasukin kelompoknya mas Arif. Saking sumringahnya, aku langsung sms dia.

'eh mas arif, kamu jadi guardian angel ku wkwk'

dan ga dibales.

Sampe dateng hari Rabu (12/10) si Izas dari kelas B sms, minta tolong nanyain ke mas Arif tentang tugas kelompok LKMM. Yaudah lah aku smsin aja.

'mas arif, maaf ganggu, katanya ada tugas buat LKMM ya? apa mas?'

ga dibales luamaaa banget

sekalinya balesin, jawabnya galak
'besok aja kalo kumpul di kampus'

'dimana jam berapa mas?'

ga dibales lagi, tambah luaaama

Malah si Jiwangga tiba-tiba sms jarkomin
'besok kumpul di open theater jam 12.10 sama guardian angel'

Eh sialan, siapa dia sih?! Kenapa malah si Jiwangga yang dikasih tau mas Arif duluan? Dia siapanya hah? Aku yang adek sepupunya tau! (jeles sama jiwangga)

mas Arif bales
'udah tau kan kumpul dimana jam berapa?'

'udah mas, makasih ya'

'tau dari siapa?'

'jiwangga, mas'

Nah, sejak kejadian ini aku ngerasa bakal terjadi sesuatu. Iya, bener ternyata, aku harus ikhlas ga dianggep adek sepupunya selama LKMM PRA DASAR ini.

***

Pertemuan pertama kelompok Ricardo Boffil

"oke, sekarang perkenalan dulu satu per satu ya. mulai dari sebelah kanan saya"

sampe giliran aku. Mikir, dalem hati, masa aku harus memperkenalkan diri sama kakak sepupu?!
"nama saya Rieza Amalia, asal Semarang"

mas arif jahat banget
"panggilannya dek?"

"rieza, mas"
muka sedih

...

"disini yang dari kelas A siapa aja?"

aku, ari, jiwangga, rissa fahriyan (cowo) angkat tangan

"lho berarti yang kelas A cowo semua?"

muka melas
"aku juga, mas" T.T

...

"oh iya, kemarin ada yang sms saya nanya tugasnya apa, langsung nanya tugas aja gitu, ya kalo menurut saya sih agak ga sopan aja ya dek, harusnya kalian minta ketemu sama saya dulu, baru nanya tugas"

Sumpah, kena banget ke aku. Aku cuma bisa nunduk, plintir-plintir tangan, pegang leher dan jidat. Kayanya mas arif tau kalo aku ngerasa bersalah.

"ga cuma satu orang yang sms ke saya, banyak kok yang sms kaya gitu. ya ga apa sih, tp lain kali jangan kaya gitu"

...

"eh ini yang asli Semarang siapa? angkat tangan coba"

Aku ditanyain mas arif
"kamu dek, semarangnya mana?"

"arya mukti, mas"

"arya mukti itu mana?"

"pedurungan, mas"

"oh, aku ga tau sih"

YA ALLAH, AMPUNILAH DOSA HAMBAMU INI T.T

...

Udah bubar kumpulnya, pas turun tangga aku jalan terakhir, belakangku mas Arif. Terus pas sampe lantai dasar, pas aku lagi bingung nyariin temen-temen HULA ku, mas Arif nyamperin.

"kamu mau kemana dulu dek? mau langsung pulang?"

"eh? engga mas, mau ke HI-SOEM dulu"
Sambil bingung

"oh yaudah, aku pulang duluan ya dek"

"iya, mas"
Sambil sedih, nyesek sek.

Mas Arif profesional banget, plok plok plok :'D

***

Minimal 5 kali pertemuan, setiap kali pertemuan absen, trus foto bareng. Pertemuan pertama bikin sketsa gedung arsi sama ngisi biodata, pertemuan kedua mengkoreksi teman, jadi kita cari 7 kekurangan dan kelebihan, terus pertemuan ketiga ngobrol pasang-pasangan 15 menit ga boleh berhenti. Aku ngobrol sama Rissa, Jiwangga, Ari. Pertemuan ke empat itu kita harus ngajak ketemuan mas arif di luar kampus arsi, dan itu pasangan, cuma 2 anak. Aku dipasangin sama Osy, ketemu di kantin PWK. Pertemuan kelima bikin yel-yel dan kroscek perkap LKMM.

Pas lagi asik bikin yel-yel, mas Arif bilang besok harus kumpul jam setengah 6 pagi. Gile lu ndro, berarti aku harus berangkat dari rumah jam setengah 5 pagi. Aku shock. Trus mas Arif bikin aku tambah shock.

"kamu berarti gimana dek? Apa mau nginep rumahku aja?"

Temen-temen pandangannya udah ga enak banget, apalagi yang cowo-cowo.

"HAH? ya ga mungkin mas"

"ya ga apa, ntar tidur di rumahku aja, trus berangkatnya kan jadi gampang, bisa bareng aku"

Sumpah, ini aku terharu banget. Mas Arif udah anggep aku adek sepupunya lagi. Tapi masalahnya temen-temen pada ga tau kalo aku sepupunya mas Arif. Dikira yang macem-macem lagi. Trus si Rissa Fahriyan spontan nyeplos.

"ya jangan lah, kamu mending ke kosan siapa gitu yang cewe"

wakakak pengin ketawa rasanya.


***

Aku janjian mau dandan plus foto ala Jengkelin di kosan si Ulfi bareng Riska, Inta, Meilda, Ais, Nisa, Nanda, yah pokoknya geng HULA lah. Si Ais yang bawa alat make-up punya temennya. Aaaah paraaaah. Terus abis kami semua selesai foto, tiba-tiba ujan deres banget, angin gede juga. Padahal abis ini niatnya mau nge-laminating cocard. Yaudah kita tunggu ujan sampe reda. Pas menjelang Maghrib tiba-tiba mati listrik buset! Luar biasa. Suasana horor di kosan si Ulfi dapet banget deh. Si Ulfi nyalain lilin, kami semua kumpul di kamar Ulfi, desek-desekan, trus biar ga horor jadinya kami malah cerita-cerita tentang si romli, julie, bondan, dan lain lain. Ya Allah, padahal besok kami harus udah kumpul di Maskam jam 5 pagi.

Sekitar jam 7 ujan udah reda, kami keluar buat cari fotokopian dan tempat nge-print. Ternyata seluruh Undip mati listrik. Tapi begitu lewat kampus Teknik Elektro, terang benderang! Dasar curang. Rektorat aja gelap gulita. Aaah curaaang. Yaudah lah. Kami nemuin tempatfotokopian di daerah Banjarsari, itupun ramenyaaa ujubile. Sekitar jam 8 malem aku pulang nebeng si Inta.


***

Ini daftar barang bawaan LKMM PD 2011 (aku copy dari blog ulfi)

  • Tugas Angkatan : Glosarium, 1000 istilah tentang arsitektur di kertas A4, font 12, spasi 1.15. bedakan tebalnya istilah dengan arti. 1 halaman maksimal 30 istilah. Beri penomoran. Cover resmi, sampul depan mika bening, belakang manila merah. Diurut alfabet. Diberi halaman. Disusun vertikal.
    Keperluan LKMM :
    1. 1. Cocard kertas terserah, dilaminating : satu angkatan sama bentuknya yang terdiri dari kombinasi 3 bentuk dasar, lingkaran, persegi, dan segitiga. warna sesuai warna kelompok. Luas minimal 300 cm persegi. PEngikat menggunakan tali pramuka, kanan merah, kiri biru teknik. Bagian depan : FAKULTAS TEKNIK, Active, Creative, and Responsible”. Isinya di bagian tengah nama ditulis tangan. Tulisan “LKMM PD & PRAU 2011, JURUSAN ARSITEKTUR lengkap, nama panggilan, nama kelompok, tanda tangan ketua LKMM, foto 4x6 setengah badan (pose tanya ke GA), bagian kanan cocard tanda tangan GA, bagian kiri cocard tanda tangan salah satu panitia LKMM (satu panitia melayani MAKS 6 tanda tangan). Bagian belakang cocard, tulisan LKMM PD & PRAU 2011, JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK, Active, Creative, and Responsible. Isi nama lengkap, nama panggilan, nama kelompok.
    2. 2. Yel yel kelompok, antara 1 sampai 1.5 menit.
    3. 3. Kaos putih, tulis nama di kiri bawah bagian luar kaos, nama dan NIM. Dikumpulkan 25 Oktober. Dikumpulkan di kardus.

    Perlengkapan pribadi :
    Umum,
    Obat obatan pribadi,alat tulis, pulpen tinta hitam, buku, alat sholat, kaus kaki merah tua, sabuk satu angkatan warna sama kecuali warna hitam dan putih, gesper bentuk dan warnanya sesuai cocard. Sepatu pantofel hitam.
    Wanita, kemeja putih polos, lengan pendek, yang berjilbab menyesuaikan, rok hitam panjang minimal 3/4, dasi diikat model pramuka warna emas, rambut diikat 11, 5 kanan 5 kiri 1 belakang tanpa poni. Urutan warna : merah, kuning, hijau, biru muda, pink. Belakang orange. Yang berjilbab berpita sesuai ketentuan warna tadi.
    Pria, kemeja putih polos lengan pendek, celana hitam dari kain, dasi kupu kupu pink. Rambut klimis disisir ke belakang, tanpa poni, tanpa belahan, harus wet look sampai akhir acara. Sabuk dan gesper sama seperti wanita.

    Keperluan hari pertama
    Pribadi : Air minum 610 ml amoghasida, 2 coklat amoghasida, bentuk dan jenis sama satu angkatan. Nasi rames bungkus warna coklat, isi : nasi putih, kering tempe, telur dadar, sambal, oseng oseng kacang panjang, sendok plastik, besek 15x15 dihias sekreatif mungkin, terdapat nama, nim, kelompok, lambang amoghasida, diikat enam-enam. Satu roti tawar, meses warna warni.
    Kelompok : Rafia merah 10m, Koran tebalnya 15cm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar