Sabtu, 11 Desember 2010

Pendek dan Ngapusi

Sabtu, 11 Desember

Siapa yang ga sakit ati sih kalo dikatain PENDEK dan KIBUL. Sakit ati banget tauk. Ini yang mau aku ceritain, yang kemarin aku bahas dikit di postingan sebelumnya.

Kejadiannya hari Sabtu minggu lalu tanggal 4 Desember 2010. Pulang dari traktiran si Riang dan Kem aku naik BRT sendirian. Sampe shelter Ciputra, tiba tiba rombongan bapak bapak kuli bangunan masuk. Ih sesak napas seketika. Beneran, aku digencet sana sini. Terpaksa aku gandul, engga pegangan tiang deket pintu. Si bapak kuli sebelahku ngajak ngobrol.

"Turun mana mba?"
"saya turun manunggal jati, pak"
"manunggal jati? Daerah mana ya itu?"
"daerah Pedurungan, pak"

Si Bapak diem bentar.
"oh, zebra?"

Ha? Aku bingung.
"masih kesana lagi dikit, pak"

Bapak tadi ngeyel.
"he'eh to zebra, bener zebra to berarti. Kandani, aku ki ngerti nek zebra" (iya kan zebra, bener zebra dong berarti. Dibilangin, saya tuh tau kalo zebra)

Aku iyain aja. Sambil senyum maksa.
"ha? Ehe, iya deh pak"

Naik bus tangan gandul gitu emang nyiksa. Apalagi buat orang yang ga tinggi (bukan pendek) Sumpah ga enak banget. Si bapak sok akrab lagi.

Bapak: "ora gaduk yo mbak? Kesel ki mesti.." (ga nyampe ya mbak? Cape nih pasti)

Aku senyum maksa.

Bapak: "kowe karo aku jek dhuwuran aku yo. Ki aku wae gaduk" (kamu sama aku masih tinggian aku ya. Nih aku aja nyampe)

Senyum maksa lagi.

Selang beberapa menit, aku beneran udah ga kuat pegangan atas gitu, pegel.
"maaf pak, saya boleh pindah yang deket tiang?"

Buset, jujur aku gengsi. Harga diri, za! Harga diri.

"oh yo yo, kene mbak kene. Mesakke. Dhuwurmu pira to mbak?"
(oh ya ya, sini mbak sini. Kasihan. Tinggimu berapa sih mbak?)

Aku diem.

"mesti sekitar 145 to. He eh to.. Nek 150 wae ki wes ketok dhuwur. Iyo to, 145 mbak. Aku wae 165 lho"
(pasti sekitar 145 kan. Iya kaan.. Kalo 150 aja tuh udah kelihatan tinggi. Ya kan, 145 mbak. Aku aja 165 lho"

Bodo amat.

15 menit kemudian, mas BRT setengah teriak.
"ZEBRAA, ZEBRAA, ADA YANG TURUN? PERSIAPAN TURUN"

Si bapak tadi sok taunya kumat.
"turun, mas. Ini mba Resa mau turuun"
(please deh pak, nama saya RIEZA)

Aku shock.
"Hah? Engga pak, saya turun Manunggal"

Si bapak malah nyalahin aku.
"Lho to ngapusi aku to, mau jarene mudhun Zebra. Alaaah, ngapusi"
(tuh kan bohongin aku kan, tadi katanya turun Zebra. Alaaah, kibul"

Hhh terserah bapak, saya enek.

2 komentar:

  1. iihhh .. tuh bapak2 nyebelin amat sih. Bikin emosi aja deh !

    BalasHapus
  2. iyaa.. nyebelin bagt!! gitu yoo mbok ladenin za!

    BalasHapus